Berita  

Peduli Pertanian, NasDem Adakan Sarasehan Bahas Kedaulatan Bidang Pangan Nasional

Jakarta, KomPaknews.com-Dalam rangka Pra-Kongres II Partai NasDem, Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem mengadakan Sarasehan terkait Bidang Pangan Nasional.

Kegiatan Sarasehan inj dengan tema “Petani Berdaulat Indonesia Makmur”, yang diselenggarakan di ABN, Pancoran, Jakarta Selatan (23/8/2024).

Dalam pembukaannya, Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, IGK Manila mengatakan, pemerintah harus memastikan kebutuhan petani, guna memperkuat dan mencerdaskan kedaulatan pangan Indonesia.

“Petani harus menikmati hasil pertaniannya, mencukupi kebutuhannya, dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan hasil pangan yang mereka buat,” ucap IGK.

Ketua Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem H Sulaeman L. Hamzah mengatakan, saat ini Indonesia mengalami sedang kekurangan sumber daya penyuluh pertanian.

Sehingga, untuk memperkuat kedaulatan pangan nasional, NasDem akan membangun Rumah Pangan NasDem.

“NasDem saat ini akan membangun Rumah Pangan NasDem untuk memperkuat kedaulatan pangan nasional,” ujar Sulaeman yang juga merupakan Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai NasDem itu.

Senada dengan Sulaeman, H Ayep Zaki menjelaskan, sudah membangun sebanyak 76 Rumah Tempe Azaki di beberapa titik. Menurutnya, untuk membangun pangan nasional bisa dimulai dari yang terkecil.

“Kesuksesan tidak harus dicapai dengan sesuatu yang besar. Kita bisa fokuskan dulu ke sesuatu yang kecil,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional, Sarwo Edhy, SP menjelaskan, saat ini Badan Pangan Nasional sedang membangun Rumah Pangan B2SA yang mencakup karbohidrat, sayuran, dan protein.

Selanjutnya, katanya lagi, salah satu indikator utama dalam mengamankan kedaulatan negara adalah lewat Bidang Pangan.

“Salah satu indikator untuk mengamankan negara adalah pangan, karena pangan adalah hak asasi manusia,” sebut Sarwo Edhy.

Sebagai informasi, kegiatan sarasehan ini di bagi dalam dua sesi yaitu pertama, forum diskusi atau seminar; dan kedua, respon dari peserta yang hadir melalui pembagian kelompok. Dalam kelompok itu, para peserta menuliskan pandangan masing-masing terkait apa yang dilakukan untuk kedaulatan pangan nasional.

Turut hadir dalam acara itu: perwakilan PMKRI, KNPI, HMI, ABN Pancoran, internal Pengurus NasDem, Petani NasDem, Gemuruh NasDem, Tenaga Ahli DPR RI, CWTS UGM, Doa Bangsa Agrobisnis, Anggota DPRD Prov. Papua, dan lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *